Beranda / Bisnis

Festival Rakyat Digital Island Bank DKI: Meningkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Digital di Pulau Pramuka

bisnis.terasjakarta.id - Jumat, 28 Juli 2023 | 14:32 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Bank DKI,Festival Rakyat Digital Island Bank DKI

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy bersama Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, Kepala OJK Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Roberto Akyuwen dan Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad. (ist)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Bank DKI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Pemprov DKI Jakarta telah sukses menghadirkan Festival Rakyat Digital Island Bank DKI.

Festival ini menawarkan beragam acara, mulai dari sosialisasi literasi keuangan hingga booth UMKM Warga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, dan edukasi produk digital Bank DKI, serta acara hiburan.

Gelaran Festival Rakyat Digital Island Bank DKI

Festival Rakyat Digital Island Bank DKI dihadiri oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, serta jajaran Direksi Bank DKI.

Baca Juga : Pembayaran melalui QRIS Bank DKI Diminati Pedagang di Kepulauan Seribu, Nggak Repot Cari Kembalian

Turut hadir juga Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan, Dian Ediana Rae, Kepala OJK Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Roberto Akyuwen, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Junaedi, dan Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, menjelaskan bahwa gelaran Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI berperan penting dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital di kalangan masyarakat.

Baca Juga : Bank DKI Dukung Eduwisata Hijau Syariah PKP DKI Jakarta, Mulai Budidaya Lele sampai Biokonversi Sampah

Terutama bagi warga Pulau Pramuka, khususnya karena pulau ini telah dipersiapkan untuk menjadi lokasi penyelenggaraan event internasional.

Peran Bank DKI dalam Peningkatan Literasi Keuangan Digital

"Kepulauan Seribu, terutama Pulau Pramuka, adalah sentra pariwisata nasional, dan Bank DKI berperan aktif dalam mempersiapkan masyarakat melalui edukasi dan literasi keuangan digital. Bank DKI berkomitmen untuk membawa manfaat positif bagi masyarakat dengan memperkenalkan berbagai produk dan layanan digital mereka," ungkap Fidri dalam keterangan tertulisnya pada, Jumat, 28 Juli 2023.

Baca Juga : Hadirkan Inovasi Transaksi, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Most Acclaimed Company Awards 2023

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui Pesta Rakyat Digital Bank DKI, masyarakat Pulau Pramuka diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk unggulan seperti JakOne Abank, JakOne Merchant, dan produk terbaru mereka, JakErte.

Tak hanya itu, masyarakat juga mendapatkan informasi mendalam tentang program-program perbankan lainnya, seperti KEJAR, Tabungan Haji, dan Umroh (Taharoh).

Peresmian Kampung UMKM Bank DKI

Selain itu, dalam festival ini juga diresmikan Kampung UMKM Bank DKI, sebuah program Tanggung Jawab Sosial Bank DKI.

Program ini bertujuan untuk membantu para pedagang UMKM dengan melakukan penataan ulang menggunakan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank dan JakOne Merchant untuk lokasi sementara (loksem).

Baca Juga : Bank DKI Borong Dua Penghargaan di Ajang Indonesia Top Banking 2023

Kepala Eksekutif Pengawas OJK, Dian Ediana Rae, menyampaikan harapannya agar Bank DKI, sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), dapat berperan sebagai regional champion dan menjadi tuan rumah di wilayah DKI Jakarta melalui penetrasi pasar yang lebih luas lagi.

Dalam upaya mencapai hal tersebut, penting bagi Bank DKI untuk terus mengadakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan seperti Festival Rakyat Digital Island Bank DKI.

Baca Juga : Upaya Bank DKI Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Geber Kolaborasi!

Kegiatan ini merupakan contoh baik dari upaya Bank DKI dalam memperluas penetrasi pasar dan mendukung edukasi transaksi perbankan digital di Kepulauan Seribu.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengapresiasi acara Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Pulau Pramuka. Utamanya dalam penyediaan akses layanan keuangan.

"Ini menjadi pertanda bahwa Kepulauan Seribu tidak ketinggalan, dan masyarakat dapat terbantu dengan pembelajaran transaksi keuangan digital, dan mendorong peningkatan kontribusi ekonomi khususnya pelaku UMKM," ujar Junaedi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link