Beranda / Bisnis

Ini yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Travel Wisata

bisnis.terasjakarta.id - Jumat, 20 Januari 2023 | 15:12 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Perjalanan wsiata ke tempat yang seru dan asik. (ist)

Perjalanan wsiata ke tempat yang seru dan asik. (ist)

Penulis : Archi
Editor : Archi
JAKARTA - TERASJAKARTA.ID, Pernahkah berpikir untuk mencari dana tambahan dari bisnis Travel, dimana masyarkat membutuhkan liburan untuk melepaskan penat dalam aktivitas sehari-sehari, salah satu bisnis traveling bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis.
 
Ada berbagai platform Agen Perjalanan Online yang dapat mempermudah proses perjalanan, seperti Traveloka ataupun Tiket.com dan Pegipegi.
 
Namun, masih banyak orang yang membutuhkan jasa bisnis biro perjalanan apalagi jika paket yang disediakan unik dan antimainstream.
 
Ini beberapa metode harus diambil agar bisnis travel anda berhasil dalam menjalankan usaha.
 
1.Cari Market Anda
 
Mengidentifikasi pasar adalah aspek paling penting dalam memulai bisnis perjalanan.
Untuk menentukan pasar bisnis travel anda perlu melakukan riset yang mendalam.
 
2. Buat Rencana Bisnis
 
Untuk mengembangkan rencana bisnis yang efektif perlu rencana yang terperinci. Oleh karena itu, rencana bisnis yang efektif harus membuat bisnis berjalan sesuai harapan dan dapat memberitahu langkah apa yang harus diambil untuk mencapai tujuan.
 
3. Tentukan Target
 
Selain itu harus terlebih dahulu melakukan penelitian untuk menetapkan tujuan target yang dinginkan. oleh karena itu yang terbaik adalah menetapkan target baik itu target penjualan, pelanggan, atau hanya kunjungan yang ditargetkan ke situs web bisnis perjalanan Anda.
 
4.Membuat Nama Usaha
 
Perlu juga menentukan nama bisnis yang unik untuk menarik konsumen nama yang dipilih harus mudah diingat.
 
5. Bangun Branding
 
Branding adalah usaha untuk menciptakan brand atau image dari bisnis travel. Mulai dari menciptakan nama, logo, hingga menentukan tema warna bagi bisnis tour and travel.
 
6. Membuat Paket Wisata
 
Paket wisata adalah salah satu aspek yang bisa dijadikan nilai jual dalam bisnis travel. Dengan paket perjalanan yang lengkap, konsumen pasti akan semakin tertarik untuk menggunakan jasa yang dimiliki.
 
Kedua, tentukan tujuan wisata berdasarkan pasar yang dibidik. Misalnya, ingin menawarkan paket tour religius tentu harus memilih destinasi dan aktivitas keagamaan.
 
7. Menawarkan Diskon atau Promo
 
Strategi diskon atau promo dalam bisnis travel ada beberapa macam. Salah satu yang paling umum adalah memanfaatkan musim liburan dan memberikan sarapan gratis di hotel tempat konsumen menginap.
 
8. Pilih Lokasi yang Tepat
 
Lokasi tempat travel menjadi hal yang krusial bagi bisnis travel baik offline maupun online pilih lokasi kantor strategis yang dilewati banyak orang. Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan lokasi bisnis travel di Google Maps, sehingga mudah ditemukan oleh siapapun.
 
9. Promosikan Bisnis Travel
 
Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis travel di zaman sekarang bisa dengan menerapkan strategi digital marketing untuk promosinya.
 
Salah satunya memanfaatkan media sosial merupakan bagian dari Digital Marketing. Namun, khusus untuk dunia traveling, sebaiknya fokus memanfaatkan gambar atau video yang menarik.
 
10. Berikan Pelayanan Terbaik
 
Bisnis yang sukses harus memperhatikan pelanggannya, apalagi bisnis yang bergerak dalam jasa. Dimana harus baik dalam urusan pelayanan. Sebab, salah satu cara cepat membangun branding adalah melalui pelayanan.
 
12. Perluas Jaringan
 
Dapat juga memulai memperluas jaringan dengan berkenalan oleh bisnis travel agent lainnya dari berbagai tempat. Dapat membuat program promo ataupun paket perjalanan yang merupakan kolaborasi bersama.
 
13. Daftarkan Merek dan Izin Usaha
 
Setelah brand kuat, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan brand tersebut secara resmi pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan membuat izin usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link